Menggunakan
Teknologi Informasi untuk Ikut Serta dalam Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
BAB 3
·
Pendahuluan
Ketika para eksekutif bisnis masa kini mengembangkan
rencana bisnis strategis untuk perusahaan mereka, mereka memiliki pilihan yang
tidak tersedia beberapa tahun lalu. Perusahaan – perushaan dapat ikut serta
dalam perdagangan melalui jaringan elektronik (electronic commerce) penggunaan
komputer sebagai alat utama untuk melakukan operasi bisnis dasar.
Setelah
para eksekutif menyertakan perdagangan melalui jaringan elektronik dalam rencana strategis, mereka dihadapkan
pada keputusan mengenai pemilihan strategis, metodologi, dan teknologi terbaik.
Strategi utama adalah membangun sistem antar-organisasi (interorganizational
system-IOS) yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerja sama sebagai
satu unit tunggal. Salah satu cara paling efektif menghubungkan para mitra
bisnis IOS adalah dengan arus data komputer suatu konsep yang disebut
pertukaraan data elektronik (electronic data intercharger), tau EDI
IOS
dapat dikembangkan dengan mengikuti siklus hidup sistem tradisional untuk
menciptakan sistem yang sama sekali baru atau dengan mengikuti rancang ulang
proses bisnis untuk merekayasa ulang sistem yang ada sekarang
Satu
elemen kunci dalam IOS adalah jaringan komunikasi data yang mengatur alur data
dan informasi antara perusahaan dan para mitra bisnisnya. Tiga teknologi dapat
menyediakan kaitan tersebut sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, dan
internet. Jaringan bernilai tambah, atau VAN, adalah fasilitas komunikasi yang
disediakan oleh pemasok yang tidak hanya menyediakan sirkuit tetapi juga
melaksanakan pelayanan penting.
·
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan melalui jaringan elektronik dapat didefinisikan dengan sangat sempit ,
dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan
pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dal hal internet, seolah-olah
tidak ada alternati komunikasi lain.
Manfaat
yang Diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perushaan-perushaan ikut serta dalam perdangan
melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi.
Perbaikan ini diiharapkan menghasilkan tiga manfaat utama:
§ Pelayanan
pelanggan yang lebih baik
§ Hubungan
dengan pemasok dan masyarakat keuangan lebih baik
§ Pengembalian
atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat
Manfaat-manfaat ini berkontribusi
pada stabilitas keuangan perushaan dan memungkinkannya untuk bersaing dengan
lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi
komputer
Kendala
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Tidak semua perushaan ikut dalam keramaian perdangan
melalui jaringan elektronik. Ketika
ditanyakan alasan kehatian-hatian mereka, perusahaan-perusahaan itu mendaftarkan
tiga kendala berdasarkan urutan berikut:
§ Biaya
Tinggi
§ Masalah
Keamanan
§ Perangkat
lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Perusahaan yang telah
memiliki sistem terutama menggunakannya untuk transaksi dengan pemasok (91
persen) dan pelanggan (88persen), serta proses-proses utama yang berhubungan
dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran, dan faktur.
·
Intelijen Bisnis
Tugas-tigas Intelijen Dasar :
-
Mengumpulkan
Data
-
Mengevaluasi
Data
-
Menyimpan
Intelijen
-
Menyebarkan
Intelijen
·
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi,
dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalah menentukan strategi yang
paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan
transmisi data elektronik
·
Sistem Antar-organisasi (IOS)
IOS
(interorganizational system / sistem antar-organisasi), kadang-kadang disebut
sistem informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan
yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal yang bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama.
Manfaat
IOS
Para mitra dagang ikut
dala IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu terbagi dalam
dua kategori efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar
Kekuatan
Tawar-menawar Kemampuan
suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan
pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar-menawar.
Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan
produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian,
dan dengan meningkatkan biaya peralihan
·
Pertukaran Data Elektronik
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi
data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari
komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan, transmisi tersebut
memungkinkan data di transmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang
Manfaat
EDI
Beberapa manfaat EDI langsung
berasal dari teknologi, ini adalah manfaat langsung dari pengurangan kesalahaan,
pengutangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat lain
dihasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung dari
peningkatan kemampuan bersaing
-
Mengurangi
kesalahan
-
Mengurangi
biaya
-
Meningkatkan
efisiensi operasional
-
Meningkatkan
kemampuan bersaing
·
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
Komunikasi data adalah
bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian paling besar, dengan
Internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru di hampir semua
bidang bisnis, termasuk perdagangan melalui jaringan elektronik
Pilihan
teknologi
Ada tiga pilihan
teknologi utama sambungan langsung (direct connectivity), jaringan bernilai
tambah dan internet
§ Sambung langsung Perusahaan dapat
membentuk kaitan data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit
yang disediakan oleh penyedia jasa telekomunikasi umum seperti AT&T, GTE,
MCI, dan Sprint. Sirkuit-sirkuit itu berbentuk saluran dial-up atau pribadi dan
dapat menggunakan beragam jenis sirkuit seperti serat-optik dan transmisi
gelombang mikro
§ Jaringan Bernilai Tambah Jaringan bernilai
tambah disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga
menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan itu bagi EDI.
Misalnya, penjual VAN dapat menyediakan perangkat lunak pemetaan, mengelola
file log dan arsip serta membantu dalam pelatihan mitra dagang. Beberapa
penyedia VAN utama adalah Advantis, GEIS, dan Sterling Commerce
§ Internet Internet memungkinksn suatu
jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang
tetapi juga mencakup para pelanggan.
·
Perkembangan Internet
Asal muasal Internet
dapat ditelusuri ke tahun 1979, ketika pemerintah A.S membentuk suatu jaringan
yang dinamakan ARPANET, dan terhadap berbagai upaya yang dimulai pada tahun
1989 yang mengarah ke apa yang sekarang dikenal sebagai Worl-Wide Web
ARPANET
Tujuan ARPANET, suatu
produk dari Avanced Researc Projects Agency, adalah untuk memungkinkan personil
militer dan persiet sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal
militer. Itu adalah jaringan pertama untuk memperlihatkan kemampuan transmisi
data dalam bentuk paket dari komputer ke komputer
Selama tahun 1970-an, pekerjaan di ARPANET terdiri dari
menghubungkan berbagai jaringan dan mengembangkan perangkat lunak antar
jaringan yang diperlukan. Selama awal tahun 1980-an, jaringan itu lalu dikenal
sebagai Intenet, dan selama periode ini perusahaan-perusahaan bisnis mulai
menggunakannya dari workstation dan jaringan lokal.
World-WideWeb
Pada tahun 1989, Tim
Bernes-Lee, seorang ilmuwan komputer yang bekerja di CERN, Laboraturium Fisika
Partikel Eropa, menemukan suatu cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk
berkomunikasi. Idenya adalah menggunakan hypertext dokumen-dokumen dalam bentuk
elektronik yang saling dikaitkan dengan cara tertentu.
Istilah World-Wide Web
Banyak istilah yang
secara normal dikaitkan dengan Internet sebenarnya berhubungan dengan Web.
Web
Site ini mengacu pada
sebuah komputer yang dikaitkan ke Internet yang berisi hypermedia yang dapat diakses dari komputer lain di jaringan
melalui hypertext link
Hypertext
link ini
mengacu pada suatu pada suatu penunjuk yang terdiri dari teks atau grafik yang
digunakan untuk mengakses hypertext
yang disimpan di Web site.
Web
Page ini mengacu pada
suatu file hypermedia yang disimpan di suatu Web Site, yang
diidentifikasikan oleh satu alamat yang unik
Home
Page ini
mengacu pada halaman pertama dari suatu Web site
URL
(Universal Resource Locator) ini
mengacu pada alamat dari suatu Web page
§ Protocol adalah
satu set standar yang mengatur komunikasi data. HTTP adalah protocol untuk
hypertext, dan huruf-huruf itu adalah singkatan dari hypertext transport
protocol.
§ Domain name adalah alamat Web site
tempat page disimpan. Nama itu dapat memiliki titik-titik (disebut dot).
§ Path dapat
mengidentifikasi suatu account tertentu di Web site dan hyper text markup
language (HTML).
·
Saran-saran untuk Penggunaan Internet
yang Berhasil
Walaupun kegiatan Web
baru beberapa tahun berlangsung, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasi
kunci-kunci yang mengarah ke penggunaan yang berhasil. Para eksekutif membuat
keputusan strategis di perusahaan perlu mempertimbangkan kiat-kiat berikut ini
dan menugaskan tanggung jawab untuk mencapai tujuan kepada CIO Dan bagian jasa
informasi.
1. Pastikan
Web site itu dapat dikembangkan.
2. Pastikan
browser dan struktur database Anda fleksibel dan intutif.
3. Tekankan
isi.
4. Sering
diperbarui
5. Lihat
melampaui pelanggan.
6. Arahkan
isi untuk kebutuhan pemakai tertentu
7. Buat
interface yang intutif
8. Ada
di lokasi Web yang tepat
9. Ciptakan
rasa kebersamaan
10. Dapatkan
bantuan jika Anda membutuhkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar